Esai Ekonomi Dikuasai Kewirausahaan

Ekonomi Dikuasai Kewirausahawan

Kewirausahaan adalah perilaku atau sikpa berani yang dilakukan oleh seseorang untuk melakukan berbagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan hidup dengan mengandalkan kemampuan, keahlian, dan  potensi yang dimilikinya. Kemampuan ini digunakan untuk menghasilkan suatu barang yang bermanfaat bagi orang lain.

Wirausahawan adalah adalah orang yang melakukan aktivitas atau mengelolla wirausaha seperti; menentukan cara produksi baru, menyusun managemen operasi untuk pengadaan produk baru, cara memasarkan serta mengatur permodalan operasinya.

Pengertian ekonomi menurut bahasa Yunani adalah Oikos dan Nomos. Oikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti peraturan. Ekonomi dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ilmu ekonomi sendiri dibagi menjadi dua yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Sebagai sesuatu yang sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari, ekonomi juga tak lepas dari permasalahan ekonomi yang ada di masyarakat.

Perekonomian Indonesia mengalami pelemahan pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir. Kelesuan mulai terasa sejak pertumbuhan ekonomi turun di bawah 6% pada tahun 2013. Harapan untuk terjadi pemulihan, sejak pemerintahan baru di bawah Presiden Jokowi tahun 2014, belum terealisasi hingga hari ini.yang perlu kita pahami itu adalah perekonimian indonesia ini masih tumbuh sangat bai sehingga di periode apapun dia masih akan stabil.

Kemajuan dan kemunduran ekonomi suatu negara ditentukan oleh keberadaan dan peranan dari si negara itu sendiri. Jika negara itu tidak memiliki modal manusia ini , jangan berharap ada kemajuan pada negara tersebut karena sama aja jika negara iu tidak memiliki usaha sama sekali juga ekonomi pada negara tersebut akan hancur.

Keharidan para wirausahawan ini menjadi suatu bentuk revolusi akan ekonomi untuk negara tersebutkehadirannyakemudian terlihat nyata pada peningkatan pendapatan nasional, dinamika ekonomi secarakeseluruhan, dan proses modernisasi ekonomi yang tidak berhenti. Gambaran tersebut memberi bukti sejarah mengenai kewirausahawan.

Ekonomi di indonesia cenderung fokus pada peningkatan sektor industri padat modal akan lebih baik jika kita melihat jumlah penduduk Indonesia yang besar dengan segala kekayaan budaya, sejarah, keahlian dan kreatifitas yang dimiliki dari sudut pandang kewirausahaan. Indonesia sesungguhnya memiliki potensi besar dengan jumlah penduduknya terbesar.



No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]